03 Juli 2009

Enam cara agar kulkas tetap tangguh dan hemat energi


Perangkat elektronik pada rumah tangga kini semakin beragam dan canggih. Namun walaupun demikian, bukan berarti setiap kali keluar varian baru dengan fitur yang lebih canggih anda harus mengganti perangkat elektronik yang lama. Seperti kulkas misalnya. Walaupun kini ada banyak jenis dan varian baru dengan teknologi terkini yang berguna bagi kesehatan, bukan berarti anda harus membuang yang lama bukan ? Jika masih memungkinkan dipakai, tak ada salahnya untuk dipertahankan. Dengan demikian, pengeluaran pun bisa dihemat.

Kulkas sebagai perangkat dapur yang digunakan secara terus-menerus selama 24 jam, haruslah tangguh dan awet. Dengan diperlakukan yang tepat, kulkas tidak hanya awet namun juga dapat menghemat listrik. Caranya dengan :
  1. Selalu memastikan bahwa kulkas sudah tertutup dengan rapat. Karena bila tidak, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan udara yang ada di dalamnya.
  2. Jangan menghidupkan temperatur lemari pendingin terlalu rendah--apalagi jika barang yang disimpan tidak terlalu banyak--karena hanya akan memboroskan pemakaian listrik.
  3. Hindari memasukkan makanan dan sayur-sayuran terlalu banyak karena akan membuat kulkas bekerja ekstra keras. Sisakan tempat kosong untuk peredaran udara.
  4. Sebelum meletakkan daging atau ikan ke dalam freezer, ada baiknya jika anda terlebih dahulu memasukkannya ke dalam wadah yang tertutup rapat.
  5. Hindari membiasakan diri membuka pintu kulkas terlalu lama ketika mengambil atau mencari sesuatu karena semakin lama pintu kulkas dibuka akan semakin besar energi yang dibutuhkan. Artinya akan semakin banyak pula uang yang harus dibayarkan untuk listrik.
  6. Tidak memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas atau freezer.

Sumber : Harian Kompas

0 komentar: