14 Juli 2009

5 Hal penting mengapa HARUS mempersiapkan dana pendidikan

  1. Mahalnya biaya pendidikan saat ini. Uang pangkal sebuah SD bertaraf internasional di Jakarta bisa sebesar Rp.40 juta untuk biaya pendidikan selama 6 tahun dengan uang sekolah Rp 2.450.000 per bulan. Bagi banyak orang, biaya pendidikan yang setinggi itu sudah tentu terasa mencekik leher.

  2. Biaya pendidikan naik dari tahun ke tahun. Biaya pendidikan biasanya akan terus naik. Dengan asumsi kenaikan sebesar 10 % per tahun, maka dalam 17 tahun mendatang, bukan tidak mungkin biaya kuliah tahun pertama anak untuk jenjang S1 mencapai Rp 500 juta.

  3. Keadaan perekonomian tidak selalu baik. Orang tua dapat menganggap bahwa penghasilan sekarang cukup aman mengingat baiknya keadaan ekonomi sekarang ini dan yakin bila si anak sekolah nanti, dananya pasti tersedia. Tetapi bila keadaan ekonomi menurun, tidak mustahil penghasilan orang tua dapat berkurang atau malah berhenti sehingga bisa saja dana pendidikan untuk anak tidak akan siap saat dibutuhkan.

  4. Fisik manusia tidak selalu sehat. Hindari menganggap bahwa fisik manusia selalu sehat untuk terus bekerja dan mendapatkan penghasilan. Bila anda tidak menabung dan menyiapkan dana pendidikan anak dari sekarang, maka bila suatu saat kelak fisik anda tidak memungkinkan untuk terus bekerja, jangan harap dana pendidikan untuk anak anda bisa tersedia.

  5. Jadwal pendidikan anak tidak mungkin diundurkan atau ditunda. Kalau si kecil sudah waktunya masuk TK tetapi anda tidak punya cukup dana untuk membayar uang pangkalnya, apakah anda akan menunda jadwal anak anda masuk TK pada tahun berikutnya supaya Anda dapat membayar biaya uang pangkalnya secara penuh ? Tentu tidak bukan ? Maka persiapan dana pendidikan anak tentu tidak boleh ditunda.

Sumber : Booklet bonus Ayahbunda, oleh Safir Senduk.

0 komentar: