29 Juni 2009

Merawat Wajan dan Panci Aluminium


Pada dasarnya peralatan aluminium rentan tergores. Sebab itu jika ingin menggosok panci atau penggorengan dari bahan aluminium, biarkan dingin dulu. Setelah itu, baru dicuci dengan deterjen. Gunakan alat gosok dari plastik atau yang lapisannya nilon putih.

Jika kesulitan membersihkan sisa makanan yang menempel pada panci dan penggorengan, isi keduanya dengan air. Tambahkan dua sendok makan krim tartar atau secangkir cuka putih per seliter air. Didihkan dan biarkan selama 20 menit, baru cuci dan keringkan seperti biasa.

Apabila panci atau wajan kita yang terbuat dari aluminium ada keraknya (makanan melekat saat dimasak gosong), maka untuk menghilangkan kerak tersebut, bisa dicoba cara berikut ini :
belah bawang bombay menjadi dua bagian, masukkan ke dalam panci atau wajan yang berkerak. Lalu beri air secukupnya sampai bawang terendam lalu didihkan. Kerak akan terangkat dengan sendirinya.

Jangan biarkan makanan asin atau yang sifatnya alkali dalam panci atau penggorengan aluminium, karena menyebabkan perubahan warna atau timbulnya bintik.

Sesekali, gosok perkakas dengan perak agar mengkilat.

Sumber : Tabloid ibu & anak

0 komentar: