30 Juni 2009

Tips merawat peralatan masak berlapis bahan teflon


Wajan dan panci anti lengket biasanya diberi lapisan khusus yang biasanya disebut ‘teflon’ tujuannya adalah agar masakan tidak lengket di wajan. Tetapi alat masak yang dilapisi bahan teflon gampang-gampang susah dalam hal perawatannya. Perlu sedikit kecermatan agar wajan dan panci ini tetap awet dan lapisan teflonnya tidak hilang.

Cuci wajan dan panci dengan air sabun, gosok perlahan dengan menggunakan busa yang lembut. Lakukan setelah wajan dan panci dipakai dalam keadaan dingin setelah dipakai.

Agar lapisan teflonnya tidak rusak, jangan sekali-kali mencucinya dengan abu gosok atau sikat yang kasar.

Setelah dipakai untuk memasak, baik wajan ataupun panci teflon jangan langsung disiram air dingin karena hal ini akan mempengaruhi bahan. Jika terlalu sering dilakukan, bagian dasar panci ataupun wajan bisa peyang miring.

Cara menghilangkana lemak/minyak pada wajan dan panci dengan mudah ? Rendam wajan atau panci dalam air panas yang sudah diberi beberapa sendok makan baking soda.

Ambil sepotong lap kecil yang bersih. Basahi dengan larutan kaliloog (dibeli di apotik atau toko kimia). Gosok pada barang aluminium tersebut. Simpanlah panci pada tempatnya. Sebaiknya gunakan kain lembut sebagai alasnya.

Perlengkapan memasak dengan lapisan teflon mudah menyebarkan panas secara merata, karena itu gunakan di atas api yang kecil atau api sedang. Dengan menggunakan api sedang membuat peralatan masak ini lebih tahan lama dan hemat bahan bakar.

Sumber : Tabloid ibu & anak

0 komentar: