06 November 2009

10 Bahan penting bagi kesehatan tubuh

Jika anda pemerhati masalah kesehatan, ada baiknya anda catat 10 macam bahan makanan yang sebaiknya anda santap sesering mungkin.


  1. Jeruk, yang dilengkapi dengan vitamin C dan serat menjadikannya buah favorit di dunia. Selain nikmat dimakan langsung, jus atau air perasannya dapat digunakan sebagai campuran saus, sirup atau untuk dressing salad. Daging buahnya dapat dikupas dan digunakan untuk salad atau campuran dessert. Jeruk mampu bertahan selama 2 minggu disimpan dalam tempat buah di lemari pendingin.

  2. Bluberi, buah yang berwarna keunguan ini kaya antioksidan, vitamin A dan C. Anda bisa membeli segar atau beku di supermarket. Buah ini bisa bertahan 10 - 14 hari di kulkas dan beberapa bulan jika disimpan di freezer. Sebaiknya tidak mencucinya sebelum dimasukkan freezer.

  3. Salmon, merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 ini mampu mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Jika membeli ikan mentah, pastikan dagingnya masih kenyal dan cepat kembali jika ditekan. Sebaiknya membeli salmon pada saat Anda hendak memasaknya.

  4. Alpukat, buah yang selain kaya lemak monounsaturated, vitamin B dan E, juga lezat sebagai campuran salad. Daging buahnya biasanya akan berwarna gelap usai dipotong. Namun perubahan warna ini bisa dicegah jika Anda membubuhkan perasan lemon atau jusnya. Alpukan yang matang dapat bertahan selama 5 hari di dalam kulkas.

  5. Yoghurt, selain kaya akan kalsium juga baik bagi sistem pencernaan. Yoghurt dapat dijadikan campuran untuk hidangan manis atau sebagai dessert. Anda bisa menyimpannya di kulkas dan gunakan sesuai tanggal berlakunya.

  6. Polong, selain rasanya yang lezat jenis polong-polongan umumnya tetap empuk usai dimasak. Kacang ini juga rendah lemak, kaya serat, dan sumber karbohidrat kompleks. Dapat digunakan untuk sup, salad dan kaserol. Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara.

  7. Dark Chocolate, yang ini memang tidak terlalu sehat. Namun mengingat kandungan flavonoid-nya yang tinggi, perlu diperhitungkan juga. Flavonoid, mampu meningkatkan aliran darah. Lelehkan dengan cara direndam, oven suhu rendah atau microwave. Jika sudah dibuka, simpanlah dalam kemasan kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap.

  8. Havermut, umumnya telah dipanaskan dan dipipihkan. Tujuannya agar lebih mudah dan cepat memasaknya. Oat kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Dapat digunakan untuk membuat biskuit, sereal dan dessert. Oat dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa bulan.

  9. Buncis, sayuran berwarna hijau ini mengandung folat (salah satu vitamin B), beta-karoten, serat dan antioksidan. Pilihlah buncis yang berwarna cerah. Anda bisa menyimpannya di tempat sayur di kulkas selama 2-3 hari.

  10. Wortel, sayuran berwarna jingga ini kaya akan beta-karoten, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jika dimasak, beta-karotennya akan mudah diserap tubuh kita. Selain itu, juga kaya akan vitamin A yang baik untuk penglihatan. Pilihlah wortel yang segar untuk diolah, dapat disimpan hingga 2 minggu jika disimpan di tempat sayur di kulkas Anda.

Sumber : Majalah Sedap

0 komentar: